Rabu, 10 Juli 2013

Tips agar sepatu tidak bau



http://girls.kidnesia.com/extension/girls/design/girls/images/ornamen-flower2.png
Taburkan bedak bayi
Taburkan bedak bayi atau baking soda ke dalam sepatu kita. Biarkan selama satu malam. Esok harinya, kita bersihkan serbuk-serbuk itu. Wow…bau pada sepatu pun lenyap! Sebab, molekul bau sudah terserap oleh serbuk-serbuk tadi.Oh ya, alkohol juga bisa kita gunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu, lho. Caranya, semprotkan atau oleskan cairan itu dengan kapas pada bagian dalam sepatu kita. Lalu, biarkan sampai menguap. Hmm…mudah, kan?

Biarkan bernafas
Sepatu pun perlu bernafas agar tidak lembap dan menimbulkan bau. Oleh karena itu, setelah kita pakai, keluarkan segera alas bagian dalamnya atau kita buka sepatu itu selebar mungkin, lalu kita angin-anginkan di tempat terbuka. Hindari juga memakai sepatu yang sama seharian selama dua hari berturut-turut. 

Pastikan sudah kering
Pastikan sepatu yang akan kita pakai benar-benar dalam keadaan kering. Sebab, sepatu yang lembap atau belum kering benar bila langsung kita pakai akan menimbulkan bau tak sedap. Pastikan juga kaki kita tidak dalam keadaan basah atau berkeringat saat mengenakan sepatu. Nah, untuk mencegah timbulnya keringat saat memakai sepatu, ada baiknya kita semprotkan foot spray atau antiperspirant.
 
Kaos kaki harus bersih dan kering
Bau pada sepatu juga bisa ditimbulkan oleh kaos kaki yang tidak bersih dan tidak kering. Oleh karena itu, ada baiknya jika kaos kaki dicuci dengan cairan desinfektan (anti bakteri). Lalu, pastikan juga kaos kaki kita itu sudah dijemur sampai kering. Ingat, bau sepatu itu timbul karena adanya bakteri atau jamur yang menempel, lho.(sumber:girls.kidnesia.com)